Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Pembelajaran

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian


1.Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi Sastra Inggris dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap pertama berupa tahap penyiapan draft visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi Sastra Inggris; tahap kedua adalah penjaringan masukan yang dimulai dari staf Program Studi Sastra Inggris, pengelola Fakultas Sastra Universitas Udayana, dan para pengampu kepentingan stakeholder dan tahap ketiga merupakan tahap pengesahan dokumen visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi Sastra Inggris.

Tahap pertama yang  merupakan penyusunan draft visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi dilakukan oleh pengelola Prodi. Pengelola Prodi yang dimaksud adalah  ketua Prodi, sekretaris Prodi, dan ketua program studi di Prodi Sastra Inggris. Draft rumusan dokumen visi, misi, tujuan, dan sasaran ini disusun selaras dengan  renstra universitas dan fakultas.

Tahap kedua berupa penjaringan masukan dari sejumlah pihak yang memiliki keterkaitan dengan Prodi Sastra Inggris. Adapun masukan pertama terhadap rumusan dokumen diperoleh dari keterlibatan staf pengajar Prodi Sastra Inggris. Masukan terhadap dokumen visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi Sastra Inggris dibicarakan dalam rapat Prodi Sastra Inggris. Dalam rapat tersebut staf Prodi Sastra Inggris dapat memberikan pendapat, perubahan, penambahan, maupun perbaikan terhadap rumusan dokumen awal yang disiapkan oleh pengelola Prodi. Sedangkan masukan kedua berasal dari pengelola Fakultas Sastra Universitas Udayana. Penjaringan masukan dari pengelola fakultas merupakan bagian yang tak terpisahkan mengingat Prodi Sastra Inggris merupakan salah satu Prodi yang bernaung di bawah Fakultas Sastra Universitas Udayana. Karena itu, rumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi Sastra Inggris selaras dengan  visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Sastra Universitas Udayana. Masukan ketiga berasal dari para pengampu kepentingan stakeholder. Para pengampu kepentingan memiliki keterkaitan yang erat dengan Prodi Sastra Inggris. Mereka merupakan alumni serta lembaga-lembaga yang selama ini sering menggunakan lulusan Prodi Sastra Inggris Universitas Udayana.

Tahap ketiga merupakan tahapan pengesahan dokumen visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi Sastra Inggris. Tahap pengesahan didahului dengan perumusan akhir dokumen setelah mendapatkan masukan-masukan dari berbagai pihak. Dokumen resmi visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi Sastra Inggris disahkan melalui rapat Prodi yang diikuti staf Prodi Sastra Inggris. Pengesahan tersebut sekaligus menandai penggunaan dan pelaksanaan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi Sastra Inggris untuk masa lima tahun ke depan.


2.Visi Prodi Sastra Inggris

Visi adalah cara pandang jauh ke depan, dan ke mana Prodi Sastra Inggris harus dibawa  dan kemudian bagaimana berkarya agar tetap konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi Prodi Sastra Inggris yang ingin dicapai adalah "Menjadi Prodi Sastra Inggris yang unggul,mandiri dan berbudaya.''

Unggul artinya handal, berkualitas, serta memiliki kompetensi baik di tingkat nasional maupun internasional dalam menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menjadi pusat penelitian, pengembangan dan penyebarluasan ilmu bahasa dan sastra inggris serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral akademik untuk mendukung pembangunan nasional demi terwujudnya kehidupan yang lebih baik.

Mandiri bermakna memiliki sumber daya manusia yang tangguh, percaya diri, dan berdaya saing tinggi serta dalam hal kemampuan dalam pengembangan sistem manajemen dan pembiayaan secara otonom.

Berbudaya berarti dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), lembaga, dan produk Prodi Sastra Inggris menjunjung tinggi nilai-nilai budaya akademik, nilai-nilai budaya tradisional, dan praktek-praktek berkehidupan yang berkembang didasarkan atas kejujuran dan kebenaran akademik dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan demi terwujudnya kehidupan yang lebih baik.


3. Misi Prodi Sastra Inggris

Misi adalah sesuatu yang harus diemban dan dilaksanakan oleh pengelola Prodi. Misi Prodi Sastra Inggris yang diemban adalah berkaitan dengan visi di atas, yaitu agar tujuan dari pokok dan fungsinya dapat terlaksana dan berhasil dengan baik, dan diproyeksikan berdasarkan peran atau perincian tugas dan program-program beserta hasil yang diperoleh pada rentang waktu tertentu. Berdasarkan tujuan pokok tersebut maka ditetapkanlah misi Prodi Sastra Inggris sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat) yang berkualitas dalam bidang-bidang bahasa dan sastra Inggris dalam kurun waktu 5 tahun.
  2. Meningkatkan pendidikan yang mendorong pembentukan karakter peserta didik yang mampu berpikir global dan bertindak lokal dan menciptakan kemandirian sehingga mampu bersaing di dunia kerja baik di tingkat nasional dan internasional dalam kurun waktu 5 tahun. 
  3. Mengembangkan kemitraan dengan institusi-institusi baik pemerintah dan swasta, lokal, nasional, maupun internasional dalam hal peningkatan kapasitas lembaga, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), dan peningkatan peran serta dalam masyarakat.